Thursday, May 26, 2011

MODUS TERBARU KASUS PENIPUAN LEWAT ATM PENJUAL TOKO ONLINE

Hi semuanya,

hati2 ya buat semuanya yang punya toko online. jangan gampang ketipu sama orang2 yang pura2 mau beli produk kita. biasanya modus operandi nya, mereka pura2 sudah bayar/transfer ke rekening kita. tapi ternyata pas kita udah cek pake e-banking/sms banking, transferan belom masuk. pasti kita akan bilang belom masuk kan sama si calon pembeli yang ternyata penipu ini.
si calon pembeli yang ternyata penipu ini nantinya akan menelepon kita lagi dan akan bilang:" oh iya, bu,.. e-banking nya bank X (misalnya) memang lagi error, td saya sudah telpon bank X tersebut, jadi ibu bisanya cek uang sudah masuk apa belom di ATM bu."

nah pas udah sampek ATM, orang itu akan nelpon kita, dan dia akan bilang" bu, sekarang saya sambungkan dengan orang dari kantor Bank X ya bu, .. " nada dering sambung pun berbunyi, dan akan ada suara yang berbeda sedikit dari orang pertama tadi berpura2 jadi orang dari bank bersangkutan. Dia akan bilang "oh ya bu, ini kami dari bank X, dan kami memang sdg mengalami gangguan di bank kami, ibu bisa kami bantu menerima transfer dengan masuk lagi ke ATM, dan akan kami pandu dari sana bu"

Begitulah cerita pengalamanku yang hampir saja kena tipu modus operandi; pura2 jadi pembeli batik butik saya, dan pura2 sudah melakukan transfer.

Intinya sobat buat kamu semua yang punya butik/toko online, jangan pernah mau kalo suruh ngecheck hasil transfer ke ATM, apalagi kalo si penelepon sudah mulai bilang kalo dia mau menyambungkan dengan pihak bank tertentu. Di situ JANGGAL dan TIDAK MUNGKIN.
karena tidak ada nasabah manapun yang bisa melakukan conference pake hp dengan bank APAPUN(apalagi di hari libur/tgl merah)

untungnya saya masih dilindungin Allah SWT. kejadian seperti ini pasti sudah terjadi sama beberapa/banyak orang di antara kita. so, jangan cepat percaya sama orang dan gunakan nalar kita! selama kita tidak terburu-buru, insya Allah kita nggak akan terjebah sama tipu muslihat penipu2 berdosa itu.