Thursday, May 26, 2011

ltimate Boot CD – Linux LiveCD untuk Tukang Servis Komputer

ltimate Boot CD – Linux LiveCD untuk Tukang Servis Komputer


Mungkin kebanyakan dari para tukang servis PC tidak begitu asing dengan HirenBootCD, sebuah CD berisi kumpulan perangkat lunak mumpuni yang sangat membantu ketika menghadapi PC yang ngadat. Tetapi sayangnya kebanyakan perangkat lunak yang terdapat di dalam HirenBootCD bukanlah perangkat lunak yang legal untuk digunakan tanpa mempunyai lisensinya apalagi bila disebarluaskan. Inilah alasan kenapa kita tidak dapat menemui link download di website resmi HirenBootCD, selama ini rilis terbaru HirenBootCD diperoleh dari media torrent atau apabila cukup beruntung bisa menemukan situs yang memberikan link untuk men-downloadnya.

Tapi sebenarnya sudah lama tersedia alternatif pengganti HirenBootCD yang legal dan bebas untuk didownload maupun disebarluaskan kembali. UltimateBootCD yang berbasiskan Linux mempunyai kemampuan yang tidak kalah bahkan bisa melebihi kemampuan HirenBootCD.

Bagaimana tidak selain dilengkapi tools para tukang servis, UltimateBootCD versi 4.1.1 sudah dilengkapi pula dengan 3 distro Linux sekaligus yang dapat dijalankan langsung dari CD tanpa perlu diinstall, sangat berguna ketika anda sudah cukup akrab dengan dunia Linux.